Tips mencegah virus tanpa anti virus

Virus… Program yang satu ini memang sering membuat ulah. Bagaimana tidak?? Data-data penting kita yang mungkin baru kita butuhkan dan sagat penting di-hidden-nya, diinfeksi sehingga file-nya corrupt atau bahkan mungkin yang lebih parah, dihapus! Dengan seiring dengan kemajun perkembangan TI di negeri ini, berkembang pula virus-virus lokal yang bisa dikatakan mampu bersaing dengan virus-virus luar negeri. Bahkan presentase keberadaan virus lokal saat ini masih mengungguli beredarnya virus-virus luar. Hebat!! Wek??? Jadi bingung mau dipuji atau dihujat hehehe

Virus
Sebelumnya perlu disadari dulu keberadaan virus di komputer kita. Pada umumnya, keberadaan virus selalu menggunakan icon MsWord atau icon Folder. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan orang yang tidak tahu akan terkecoh oleh icon tersebut. Parahnya lagi, selain menggunakan icon yang familiar, virus juga menggunakan nama fle yang serupa. Namun tidak terbatas pada icon file MsWord dan folder saja. Bisa juga berupa file installer, file dengan ekstensi *.exe dan lain-lain.
Coba masuk ke Windows Explorer. Kemudian ubah settingan ‘View’ menjadi Detail. Pada komputer yang terinfeksi virus, kemungkinan besar akan ada folder-folder dengan ‘Size’ yang sama, ber-‘type’ Aplication serta pada ‘Date Modified’ mempunyai tanggal lama. Nah kalau benar Anda menjumpai folder dengan kriteria saperti itu, jangan mencoba dibuka atau diklik. Atau virusnya akan semakin berkembang biak.

Langkah Pencegahan
Kadangkala keberadaan antivirus juga percuma. Mengapa?? Bahkan terkadang antivirus tersebut malahan dideteksi sebagai virus. Wek?? Nah lo …
Nah bagaimana mensetnya??? Silahkan simak langkah-langkah berikut :

# 1
Sembuhkanlah terlebih dulu komputer Anda. Jika ingin lebih baik, instal ulang terlebih dulu sistem Anda. Yang penting fit dahulu.

# 2
Jika Anda ingin mengamankan file sistem Anda, gunakan DeepFreeze. Program ini berlisensi. Namun sangat bagus sekali. Program ini ketika dalam posisi ‘beku’ membekukan file Anda sehingga ketika ada file ataukah setingan yang dilakukan pada mode ini, akan dikembalikan seperti semula setelah restart.
Pembekuan file sistem harus dilakukan pada komputer yang kondisinya sudah fit, sehingga tidak ada virus yang ikut dibekukan.

Percuma ‘kan membekukan virus?? Sama aja bo’ong …

# 3
Pada langkah ini kita akan mulai memasuki langkah-langkah pencegahan. Karena icon-icon Msword dan folder sering menjadi incaran virus sebagai alat pengecoh, maka gantilah icon icon tersebut. Sehingga kita bisa membedakan yang mana yang virus yang mana yang data kita dan kita bisa langsung bisa menghapusnya dari kompute kita sebelum virus tersebut menjangkiti komputer kita. Caranya :
Masuk ke Windows Explorer »» Folder Options »» File Types »» kemudian akan Anda jumpai kotak dibawahnya yang berisi ekstensi file dan icon-iconnya.
Karena file yang paling sering ditiru virus adalah file Word, mari kita ganti icon untuk *.doc dan*.rtf. Klik ekstensi *.doc kemudian klik tombol Adcanced, »» change icon »» Pilih icon yang anda sukai melaui tombol Browse »» OK »» Close
Ulangi untuk ekstensi *.rtf, File Folder dan Folder. Jika Anda merasa kesulitan, anda bisa menggunakan software pembantu seperti TuneUp Utilities atau Style XP atau masih banyak yang lainnya.
Kemudian copy script berikut dan pastekan di Notepad.
Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CLASSES_ROOT/Directory/shell]
@=”explore”
Simpan dengan nama ‘fix.reg’. Silahkan disimpan dimana saja.
Sewaktu menyimpan, pada ‘Save as type’ ubah dulu ke ‘All files’

Setelah itu tutup kemudian cari dan klik 2 kali file tadi. Ikuti saja perintah yang muncul.
Selesai
# 4
Sekitar 85% virus di Indonesia, dan 65% virus dari Luar Negeri menggunakan bahasa pemrograman “Visual Basic”. Sedangkan Program atau virus yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic untuk dapat berjalan di Sistem Operasi Windows akan selalu membutuhkan suatu file modul yang bernama “msvbvm60.dll” yang letaknya di direktori “C:\WINDOWS\system32\”.

Kesimpulannya kalau si “msvbvm60.dll” tidak beres, virus yang 85% dan 65 % itu tidak bisa berjalan. Tapi celakanya program-program aplikasi bukan virus dibangun berbasis VB juga tidak akan berjalan. Solusinya, kita rename saja.🙂

ren C:\windows\system32\msvbvm60.dll 11111msvbvm60.dll
Copy kemudian pastekan di Notepad. Simpan di “C:\Windows\”, dengan nama vbren.bat.
Sewaktu menyimpan, pada ‘Save as type’ ubah dulu ke ‘All files’

Buka Notepad lagi, kemudian copy script berikut :ren C:\windows\system32\11111msvbvm60.dll msvbvm60.dll
Save dengan nama vbfix.bat. Simpan di “C:\Windows\”.
Untuk merenamenya, buka menu Run [ atau tekan tombol “Win+R”] »» vbren »» enter
Jika sewaktu-waktu ada aplikasi yang tidak bisa berjalan, tinggal ketikkan ‘vbfix’ pada Run.

# 5
Sebagian besar virus menggunakan fasilitas Auto Run –yang secara default disediakan oleh Mikocok Windos; untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu satu-satunya cara ialah dengan menonaktifkan Auto Run.
Klik Start »» Menu
Ketik gpedit.msc
Lihat frame sebelah kiri, klik pada Computer Configuration »» Administrative Templates »» System kemudian double klik ‘Turn Off Autoplay’
Pada jendela yang terbuka klik opsi ‘Enabled’ kemudian pada kotak yang aktif di bawahnya klik ‘All drives’
Klik Apply dan OK
Ulangi cara yang sama untuk menset pada ‘User Configuration’

# 6 [Paling Aman versi 1]
Jangan sampai ada disket [masih ada tidak ya??] dan Flash Disk yang masuk. Jangan hubungkan pula dengan internet/ jaringan, termasuk sharing folder atau document. Termasuk pada golongan ini data yang di-burn dan memasukkan data via media lain seperti bluetooth, infra red atau yang lain. Dijamin aman… tapi tersiksa hehehehe
# 7 [Paling Aman versi 2]
Pakai Linux. Dijamin Aman juga deh .. Tapi tidak tersiksa…

Sumber :http://dessam13.blogspot.com/2013/04/trik-mencegah-virus-tanpa-anti-virus.html

Nama: Robby Imam Prakoso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s